5 Tips dan Trik Membuat Kemasan Produk yang Unik
Mengelola kemasan produk tampaknya menjadi perhatian penting yang harus dicatat oleh pelaku usaha, bisnis, maupun UMKM. Seiring perkembangan teknologi, kemasan menjadi daya tarik utama produk untuk dibeli oleh konsumen.
Kemasan yang unik menjadi salah satu alasan konsumen membeli produk baik makanan dan minuman. Faktor kemasan ini dapat mendukung pemasaran produk Kemasan harus memiliki sifat unik, agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.
Berikut 5 tips dan trik sederhana membuat kemasan unik produk UMKM melalui www.jurnal.id:
Kamu bisa mengadakan riset pada kompetitor produk serupa, perhatikan warna-warna yang biasa digunakan pada produk mereka dan mulailah untuk menentukan warna yang berbeda untuk produk usahamu.
Warna cerah biasanya menjadi salah satu pilihan tepat karena terkesan mencolok dan berbeda jika diletakkan bersamaan dengan produk lain di rak maupun etalase toko.
Gambar tidak harus selalu berkaitan dengan produk, kamu bisa saja menambahkan gambar-gambar lucu atau karikatur yang secara tidak langsung masih terkait dengan pencitraan produk tanpa harus terkesan kaku.
Kemasan yang unik menjadi salah satu alasan konsumen membeli produk baik makanan dan minuman. Faktor kemasan ini dapat mendukung pemasaran produk Kemasan harus memiliki sifat unik, agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.
Berikut 5 tips dan trik sederhana membuat kemasan unik produk UMKM melalui www.jurnal.id:
Menggunakan Warna Cerah
Membuat kemasan produk yang menarik dan unik salah satunya didukung dari pilihan warna-warna cerah dan berbeda.Kamu bisa mengadakan riset pada kompetitor produk serupa, perhatikan warna-warna yang biasa digunakan pada produk mereka dan mulailah untuk menentukan warna yang berbeda untuk produk usahamu.
Warna cerah biasanya menjadi salah satu pilihan tepat karena terkesan mencolok dan berbeda jika diletakkan bersamaan dengan produk lain di rak maupun etalase toko.
Usahakan Produk Memiliki Gambar Bercirikhas
Banyak konsumen dari Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu yang berbau visual, oleh sebab itu cantumkan gambar agar lebih menarik minat pembeli.Gambar tidak harus selalu berkaitan dengan produk, kamu bisa saja menambahkan gambar-gambar lucu atau karikatur yang secara tidak langsung masih terkait dengan pencitraan produk tanpa harus terkesan kaku.
Tambahkan Data Legalitasi dari Pemerintah (PIRT, BPOM, dan Halal)
Ini merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu mencantumkan. Data legalitas dari lembaga pemerintahan yang memang berwenang dengan produk-produk yang diproduksi.
Dengan data legalitas seperti PRT, BPOM, dan Halal produk lebih terjamin kesehatannya dan lebih tepercaya. Contohnya legalitas dari Badan Pengawas makanan dan Obat, Dinas Kesehatan, maupun sertifikasi halal.
Informasi Penting dengan Font Menarik
Jika sudah menetapkan warnanya maka selanjutnya kamu perlu memikirkan informasi apa yang akan ditambahkan di kemasan produk tersebut.
Mengingat informasi-informasi itu juga sangat penting bagi konsumen, buatlah informasi yang singkat jangan terlalu padat, dengan gambar yang unik dan font huruf yang menarik, agar konsumen tidak mengabaikan informasi tersebut dan mengetahui keunikannya.
Gunakan Kemasan Foodgrade
Menurut Kompasiana.com kemasan makanan memiliki jenis bahan tersendiri yang aman digunakan. Produsen biasanya mengetahui kemasan makanan yang memiliki standar pengemasan food grade. Food grade sendiri adalah standardisasi dari jenis kemasan yang diperbolehkan untuk penggunaan makanan. Dengan menggunakan standar tersebut makanan yang dikemas lebih aman untuk dikonsumsi.
Sebagai produsen makanan, pedagang, ataupun pelaku usaha, kamu bisa kok membeli kemasan food grade atau kemasan yang aman untuk produkmu di Titipku. Aplikasi pendukung UMKM Indonesia yang juga konsen terhadap kebaikan pada produk yang dijual di masyarakat, menyediakan kemasan aman.
Kamu bisa beli kemasan food grade Titipku di sini.
Kamu bisa beli kemasan food grade Titipku di sini.
Comments
Post a Comment